×

Diklat Revolusi Mental Bagi Guru BK SMAN/SMKN Provinsi Jawa Timur Tahun 2019

Posted 2019-04-23 1

Revolusi Mental sesungguhnya adalah ikhtiar untuk mencapai tujuan utama pembangunan nasional, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia.

Bangsa yang maju ditentukan oleh mentalitas yang tangguh, baik individual maupun kolektif dari warga negaranya. Revolusi mental bermula di alam pikiran yang menuntun bangsa dalam meraih cita-cita bersama dan mencapai tujuan kolektif bernegara, yaitu memajukan kesejahteraan umum, meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia serta membangkitkan kesadaran bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan besar untuk berprestasi tinggi, produktif dan berpotensi menjadi bangsa yang maju dan modern, serta mengubah cara pandang, pikiran, sikap, perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan ke-modern-an, sehingga Indonesia menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Revolusi Mental sebagai gerakan kolektif yang melibatkan seluruh bangsa dengan memperkuat peran semua institusi pemerintahan dan pranata sosial budaya yang ada di masyarakat dilaksanakan melalui internalisasi nilai-nilai esensial pada individu, keluarga, institusi sosial, masyarakat sampai dengan lembaga-lembaga negara. Nilai-nilai esensial tersebut meliputi etos kemajuan, etika kerja, motivasi berprestasi, disiplin, taat hukum dan aturan, berpandangan optimistis, produktif inovatif- adaptif, kerjasama dan gotong royong, dan berorientasi pada kebijakan publik dan kemaslahatan umum.

Perombakan cara pandang, cara berpikir dan cara bekerja agar selaras dengan kemajuan antara lain dilakukan dengan menanamkan rasa percaya diri dan kemampuan sendiri, serta menanamkan optimisme bahwa revolusi mental harus dapat menghasilkan perubahan kepada insan aparatur dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga lambat laun kepercayaan terhadap aparatur semakin meningkat.

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal dibutuhkan aparatur yang berintegritas tinggi, profesional dan siap bekerja keras, menyadari hal tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Diklat Revolusi Mental bagi Guru BK SMAN/SMKN Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Kegiatan diklat tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 April hingga 1 Mei 2019 di ikuti oleh 30 peserta terdiri dari Guru BK SMAN/SMKN Provinsi Jawa Timur.