×

Ceramah Tematik Oleh Gubernur Jawa Timur

Posted 2019-07-05 1

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkesempatan memberikan ceramah tematik pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Prov. Jatim Angkatan XV Tahun 2019 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Jatim, Jl. Balongsari Tama, Surabaya, Jum’at (5/7).

Dalam acara pagi itu, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri untuk memberikan santunan pada sepuluh anak yatim. Kemudian setelah itu dilanjutkan acara ceramah tematik yang disampaikan oleh Gubernur Khofifah untuk para peserta pelatihan kepemimpinan dari berbagai daerah di Indondesia dengan tema Peningkatan Daya Saing Produk IKM/UMKM Jatim Melalui Pemasaran Digital.

Dalam ceramahnya, saat ini kita sudah bertemu dengan yang namanya ekonomi digital, kita ketemu dengan finansial teknologi, kita ketemu dengan National payment Gateway. Saat ini seluruh sektor UKM memang sudah tersambung dengan proses digitalisasi ekonomi. Namun demikian, perlu dilihat titik mana kemungkinan bisa tersambung dengan market tertentu yang bisa kemungkinan mereduksi. “Jangan sampai kemudian negara kita, provinsi kita, kabupaten/kota dimana kita mengabdi kemudian menjadi market-nya orang,” tambahnya.

Ia menegaskan, bahwa pemprov jatim bisa melakukan pendampingan memberikan akses bagi pelaku IKM dan pelaku UKM agar mereka mendapatkan ruang untuk bisa menjual produknya. "Jadi kita membutuhkan balancing seperti itu supaya kehadiran market itu bisa berkembang seiring dengan pertumbuhan UKM dan UMKM," imbuhnya.

Dikatakan Khofifah, fenomena ekonomi digital di Indonesia saat ini banyak sekali marketplace, seperti Tokopedia dan Bukalapak. Jadi yang dulu pemasarannya masih secara konvensional, sekarang pemasarannya sudah melalui media digital.