×

Kunjungan Kerja Implementasi Teknologi Informasi Tentang Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Di Mahkamah Konstitusi

Posted 2019-07-08 1

Jakarta, 4 Juli 2019 bertempat di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia  Jl. Medan Merdeka Barat No.6 Jakarta Pusat, diterima Sekjen MK M. Guntur Hamzah di Ruang Rapat Gedung MK, pejabat beserta staf BPSDM Provinsi Jawa Timur melakukan Kunjungan Kerja Implementasi Teknologi Informasi mengenai Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang diterapkan di Mahkamah Konstitusi.

Aplikasi SIKD merupakan aplikasi pengelolaan arsip elektronik sebagai suatu upaya untuk menciptakan pengelolaan arsip yang baik dan mendukung program less paper karena semua dilakukan secara digital.

Penerapan SIKD di MK dibutuhkan komitmen yang kuat dari pimpinan, karena sebelumnya MK sudah sering menerapkan berbagai aplikasi dan sistem informasi namun belum berjalan dengan optimal dan komitmen yang kuat adalah kuncinya. Selain itu juga, kendala yang ditemui dalam implementasi SIKD adalah merubah mindset orang yang sudah nyaman dengan sistem manual.

            Kelebihan SIKD terletak pada kemudahan dalam mengembangkan aplikasi tersebut untuk beragam keperluan, seperti membuat draft dan template surat dinas, e-filling arsip digital, monitoring usulan dan tindak lanjut berkas, pengarsipan berkas, pencarian arsip, digitalisasi berkas kertas, penomoran surat, sertifikasi tanda tangan elektronik dan lain-lain.