×

Ceramah Tematik oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Posted 2020-02-27 1

Surabaya - Integritas merupakan salah satu atribut terpenting/kunci yang harus dimiliki seorang pemimpin. Integritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat. Integritas itu sendiri berasal dari kata Latin “integer”, yang berarti: Sikap yang teguh mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi,dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral. Kemudian mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan serta kejujuran.

Maka “Integritas” menjadi kunci kepemimpinan “bagaimana ia membuat keputusan yang benar pada waktu yang benar” dalam bersikap dan berperilaku karena disitulah terletak pondasi dalam membangun kepercayaan dan hubungan antara individu dalam organisasi. Dimana kita memperhatikan legalitas dan prosedur yang harus ditempuh, namun yang lebih penting “Integritas” seseorang dapat menuntun mana yang jujur dan yang tidak jujur yang tidak mudah di kacaukan hal-hal yang bersifat formal tapi dapat menyesatkan.
Jadi dapat dipahami bahwa Integritas Seorang Pemimpin Adalah sikap atau sifat serta nilai-nilai yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin guna untuk membangun kepercayaan antar individu dalam organisasi.

Ceramah Tematik oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan II Tahun 2020.

Dalam kegiatan Ceramah kali ini mengangkat tema "Integritas Kepemimpinan". Acara dilaksanakan di Aula Sasana Wiyata Praja BPSDM Prov.Jatim . (27/2)