×

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kota Kediri Angkatan VI Tahun 2020

Posted 2020-03-10 1

Kediri - Pola pengembangan sumber daya manusia dalam lingkup birokrasi khususnya Profesi ASN mengalami proses perubahan, hal ini berdasaran Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pelatihan Kepemimpnan Administrator, jabatan administrator tentunya merupakan jabatan kepemimpinan dalam pola karir sebagai ASN jabatan administrator sebelumnya dikenal sebagai jabatan Eselon III, jabatan eselon tiga dalam organiasi bisanya disejajarkan dengan jabatan Camat, maupun jabatan Kepala Bidang. Selasa (10/3).

Seperti diketahui, pola pengembangan SDM dalam lingkup birokrasi, khususnya Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini tengah mengalami proses perubahan. Sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 16 Tahun 2019, pedoman penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dinilai tidak sesuai lagi dengan perkembangan kebutuhan organisasi dan peraturan perundang-undangan. 

PKA mempunyai 4 (empat) agenda utama dalam kurikulumnya, yakni agenda Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, agenda Kepemimpinan Kinerja, agenda Manajemen Kinerja, dan agenda Aktualisasi Kepemimpinan. Keempat agenda pembelajaran tersebut diharapkan nantinya mampu melahirkan sosok ASN yang selain memiliki kepemimpinan manajemen kinerja juga menciptakan birokrasi yang berdaya saing dan mampu menggerakkan sebuah organisasi.