Berita BPSDM

Workshop Perubahan Mindset Tahun 2012


Sejalan dengan berkembangannya peran dan kedudukan SDM pemerintahan yang semakin strategis khususnya dalam menjalankan program-program pembangunan dan pelayanan publik, sebagai aspek yang terkait dengan peningkatan kualitas SDM aparatur perlu disiapkan secara serius agar mereka mampu mengemban amanah tugas dengan kompetensi yang dimiliki.

Kompetensi itu sendiri secara umum digolongkan ke dalam soft competence dan hard competence, yang sering juga disebut dengan kompetensi umum/general dan kompetensi bidang/keahlian/teknis. Selama ini upaya peningkatan kualitas SDM aparatur lebih banyak difokuskan kepada peningkatan kompetensi bidang/keahlian/ketrampilan teknis dan masih dirasa kurang menyentuh aspek sikap, mental dan perilaku, sementara kompetensi sikap perilaku memberi kontribusi yang besar terhadap keberhasilan suatu organisasi.

Percepatan reformasi birokrasi yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah menuntut aparatur mampu berpikir cepat, tepat dan akurat, bertindak kretaif, inovatif serta mudah beradaptasi, mampu mencerna berbagai informasi dengan cermat untuk kepentingan peningkatan kinerja dan tuntutan pelayanan publik.

Terwujudnya Aparatur Pemerintah Daerah yang professional dan unggul, akan mampu menyelenggarakan Pelayanan Publik secara Prima dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik seperti harapan kita semua. Maka yang dibutuhkan adalah sebuah perubahan, khusunya adalah Perubahan Pola Pikir, Pola Tindak serta Perilaku Organisasi beserta Sumberdaya manusianya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dimana kualitas pelayanan publik yang prima dapat dikatakan baik apabila ditunjang dengan kualitas dari masing-masing Aparatur Pemerintah didalamnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan dalam rangka perubahan mindset bagi aparatur yang merupakan agenda kegiatan rutin setiap tahun. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Workshop Perubahan Mindset Tahun 2012 mengambil tema : "Mindset Baru Untuk Membangun Motivasi Dan Perilaku Unggul Dengan Berpikir Kreatif, Bertindak Inovatif Demi Terwujudnya Aparatur Yang Professional”. Dengan menghadirkan narasumber A.M. Lilik Agung dari LA. Learning Jakarta yang merupakan pengajar dan fasilitator Supervisory Skill pada perusahaan-perusahaan dan bank-bank ternama di tanah air, serta pengarang beberapa judul buku.

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 13 Desember 2012 bertempat di Gedung Sasana Wiyata Praja, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, Jln. Balongsari Tama Tandes, Surabaya. Adapun peserta Workshop Perubahan Mindset Tahun 2012 adalah :

Pejabat setingkat eselon III atau IV di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pejabat dari BKD serta Pejabat Pengelola Diklat pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Pejabat Struktural dan Fungsional serta Staf Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur.