Berita BPSDM

Pengembangan Widyaiswara Tahap I Tahun 2013


Sebagaimana tradisi setiap awal tahun, pada awal tahun 2013 ini Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Widyaiswara Tahap I. Kegiatan dimaksud dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Selasa, tanggal 21 sampai dengan 22 Januari 2013, bertempat di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Wisata Batu. Kegiatan ini terdiri dari 2 sesi, yakni kegiatan outbound dan kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Kepala Bidang Pengendalian Dan Evaluasi, Drs. Totok Hadi Pranoto, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pengembangan Widyaiswara Tahap I tahun 2013 ini   difokuskan pada dua hal, yakni pengembangan kemampuan widyaiswara dalam mengimplementasikan metode dan teknik komunikasi efektif dalam proses belajar mengajar serta pembekalan tentang persiapan dan pelaksanaan penilaian angka kredit, orasi ilmiah dan sertifikasi bagi widyaiswara. Nara sumber yang menyampaikan materi dalam kegiatan dimaksud adalah Drs. Suko Widodo, MA   dosen Universitas Airlanga Surabaya, dengan topik materi:  Komunikasi Efektif Dalam Proses Belajar Mengajar, dan Tim dari Deputi Pembinaan Diklat Aparatur LAN RI, dengan topik materi: Persiapan Dan Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit, Orasi Ilmiah Dan Sertifikasi Bagi Widyaiswara.

Sementara itu, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, Drs. Syaiful Rachman, MM., M.Pd., dalam sambutannya menegasakan bahwa kegiatan yang merupakan upaya institusional ini  tidak akan banyak berarti jika tidak segera ditindaklanjuti dengan upaya-upaya individual oleh masing-masing widyaiswara. Beliau menekankan bahwa kegiatan ini akan menjadi ritual rutin tahunan jika tidak segera ada aksi nyata dari masing-masing widyaiswara untuk menerapkan, mengembangkan dan mengadaptasi berbagai materi yang dipelajari dari para nara sumber yang kompeten, dalam semua prosesi kediklatan.  Selamat Bekerja..