Berita BPSDM

Pelatihan Auditor Internal SMM ISO 9001 : 2008 Menuju Survailen 2013


Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO dipahami sebagai sebuah sistem untuk mengatur kinerja Bandiklat secara menyeluruh yang dihasilkan dari apa yang kita kerjakan dan apa yang kita tulis kemudian dibakukan, dan dari apa yang kita bakukan tersebut kita laksanakan sesuai dengan SMM yang merupakan panduan/pedoman dalam melaksanakan tugas kedinasan. Adapun penerapannya tidak lepas dari proses evaluasi baik internal maupun eksternal yang dikenal dengan Audit Eksternal dan Internal. Audit Mutu Internal adalah tahapan penting dari Siklus Sistem Manajemen Mutu yang mengevaluasi tahapan siklus sebelumnya serta memberikan gambaran untuk pengambilan langkah-langkah yang tepat bagi tahapan siklus berikutnya sehingga proses “Continuous Quality Improvement” terhadap Sistem Manajemen Mutu yang ada berlangsung dengan lebih baik.

Dalam rangka meningkatkan penguasaan auditor internal terhadap persyaratan ISO 9001:2008, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan Pelatihan Auditor Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 pada hari Kamis, tanggal 29 Maret 2013 yang diikuti oleh 25 orang, yang terdiri dari para Pejabat Struktural dan Staf Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur. Pembekalan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini dimaksudkan untuk mencetak generasi auditor yang handal dan terlatih, dan juga merupakan upaya kalibrasi kompetensi para auditor Badan Diklat.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur ini menghadirkan Nara Sumber dari IKRCS (Indah Karya Register Sertification Service), sebuah lembaga sertifikasi ISO dari Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman, MM., M.Pd. menekankan kembali tentang  peran strategis Auditor Internal dalam rangka meningkatkan kualitas implementasi SMM ISO di Badan DIKLAT, sehingga diharapkan melalui pelatihan ini Auditor Internal dapat melaksanakan tugas secara profesional dan mampu menyiapkan lembaga secara lebih mantap dalam rangka audit eksternal tahun 2013. (Rin)