Berita BPSDM

Workshop Pengembangan Jejaring Kerja Diklat Aparatur Tahun 2014


SURABAYA - Dalam rangka menyebarluaskan informasi program diklat dan mengembangkan jejaring kerja kediklatan, Badan Diklat Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kegiatan Pengembangan Jejaring Kerja Diklat Aparatur. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh  Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Mercure Grand Mirama pada tanggal 15-17 April 2014 lalu.

Dalam sambutannya, Dr. Saiful Rachman, MM., M.Pd mengatakan bahwa Pola diklat aparatur khususnya Diklat Kepemimpinan telah mengalami perubahan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan birokrasi yang saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang semakin berat. Dalam perubahan peyelenggaraan Diklat Pola baru tersebut sangat dibutuhkan dukungan baik berupa perubahan mindset pengajar/widyaiswara maupun dari instansi pengirim.

Hal ini selaras dengan tema Deputi Diklat Aparatur Lembaga Administrasi Negara Ri Dr. Muhammad Idris, M.Si., selaku Narasumber kegiatan ini yang mengupas Transformasi Diklat Kepemimpinan yang menggeser tekanan dari Training Manajer ke Training Leadership. Perubahan tersebut terjadi pada Manajemen pembelajaran, Kurikulum, Metode pembelajaran, serta Dukungan sarana dan prasarana.

Kegiatan yang dihadiri oleh 70 orang pengelola diklat aparatur pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang terdiri dari 15 Provinsi dan 36 Kabupaten/Kota se Indonesia ini juga mendapatkan materi dari Ketua Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Dr. Jusuf Irianto, M.Com mengenai Urgensi Diklat Aparatur Dalam Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Birokrasi Pemerintah.