• CORPU SDGs BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Berita BPSDM

Kunjungi PT Teluk Lamong, Peserta PKN Tk. II Angkatan XXIV Pelajari Pengembangan Instansi Berkonsep Green Smart


GRESIK - Penerapan manajemen lingkungan kerja berkonsep Green Smart menjadi salah satu materi yang diterima Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk.II Pemprov Jatim. Materi tersebut diikuti para peserta dengan terjun langsung melihat keberhasilan salah satu instansi BUMN di Jatim, yakni PT PT Teluk Lamong.

Terminal multiguna atau pelabuhan logistik pertama di Indonesia di bawah Pelindo tersebut telah berhasil menerapkan teknologi  Green Smart dengan dukungan teknologi yang serba canggih. PT Teluk Lamong menjadi locus yang dipilih untuk mendukung efektifnya Kegiatan Visitasi Pembelajaran pada PKN Tk. II Angkatan XXIV Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, Senin (5/9/2022).

Kunjungan dilakukan di Kantor PT. Teluk Lamong yang berlokasi di perairan Selat Madura di Tambak Osowilangon, Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta PKN Tk. II Angkatan XXIV yang merupakan pejabat eselon II dari Pemprov maupun Kabupaten / Kota di Indonesia. 

Rombongan diterima oleh Sekretaris Perusahaan dan Corporate Communication Manager PT Teluk Lamong. Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial Nawang Ardiani mewakili Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai menyampaikan sambutan pengantar. Pihaknya menyampaikan rasa terimakasih atas diterimanya peserta PKN Tk.II BPSDM Jatim untuk menimba ilmu dan belajar langsung ke PT Teluk Lamong.

"Kami berharap dari kunjungan ini, para peserta dapat mengimplementasikan berbagai keunggulan yang telah dilakukan PT Teluk Lamong di instansinya masing-masing," ujar Nawang Ardani.

Berbagai pengetahuan baru yang telah diperoleh dari PT Teluk Lamong kepada para peserta, mulai dari bagaimana kebijakan green smart yang diterapkan, manajemen SDM, pengelolaan sistem teknologi, dan kepemimpinan strategis yang diterapkan. 

Hal tersebut memacu antusias peserta untuk bertanya maupun berdiskusi lebih dalam terkait hal-hal yang dapat dicontoh dari PT Teluk Lamong.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke area dermaga dan workshop. Peserta diajak untuk bersama-sama melihat bagaimana proses kerja mulai dari mengoperasikan sistem melalui aplikasi hingga fasilitas tersebut berjalan secara otomatis.*