Berita BPSDM

KEPALA BPSDM JATIM BUKA PELATIHAN  PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH LEVEL 1 DAN UJIAN SERTIFIKASI ANGKATAN 1 ASN KABUPATEN JEMBER 


MALANG – Guna meningkatkan kemampuan ASN dalam mengelola pengadaan barang jasa pemerintah serta sebagai upaya antisipasi adanya Maladministrasi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah, Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan diklat pengadaan barang/jasa pemerintah level 1 melalui pola kontribusi. Pelatihan ini diselenggarakan dengan metode Blended Learning, atau metode campuran antara pembelajaran daring dengan pembelajaran luring/tatap muka. kegiatan diikuti oleh ASN Pemerintah Kabupaten Jember. Diklat ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai di BPSDM Jl. Kawi No. 41 Malang.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa peningkatan kompetensi sumber daya aparatur sipil di bidang pengadaan barang jasa pemerintah sangatlah penting karena sudah menjadi kebutuhan wajib,  dimana proses pengadaan barang jasa harus mampu memberikan nilai manfaat dan kontribusi yang sebesar – besarnya dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran usaha, serta pembangunan baik nasional maupun daerah yang berkelanjutan dan peningkatan pelayanan publik yang prima.

“Saya berharap kepada peserta pelatihan dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah level 1 Kabupaten Jember ini, agar menjadikan momentum ini untuk membangun komitmen bersama dalam mewujudkan pemerintah provinsi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Jember yang bersih dan bebas dari KKN serta mampu memberikan manfaat dan kontribusi yang sebesar – besarnya dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran usaha, serta pembangunan baik nasional maupun daerah yang berkelanjutan” tutur Aries.

Beliau juga mengingatkan bahwasanya saat ini ada beberapa isu – isu permasalahan terkait pengadaan barang/jasa pemerintah di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur yang harus diatasi secara serius dan sistemik, baik melalui perangkat hukum dan kebijakan,serta pembenahan administrasi dan perubahan mindset.

Pelatihan PBJP level 1 dan ujian sertifikasi melalui pola kontribusi ini diikuti oleh 40 orang ASN dari Pemerintah Kabupaten Jember mulai tanggal 14 - 29 Oktober. Untuk pembelajaran daring dimulai tanggal 14 – 25 Oktober melalui LMS (Learning Management System). Dan untuk pembelajaran luring/tatap muka dimulai tgl 26-28 Oktober yang akan didampingi oleh dua orang fasilitator yakni bapak Prahara Satria Ramadhan dan bapak Ardi Kasmono di BPSDM Jl. Kawi No.41 Malang. Dan yang terakhir adalah tahap ujian sertifikasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober di Laboratorium Komputer BKD Kabupaten Malang dan akan diawasi langsung oleh satu orang pengawas  dari LKPP Jakarta. Adapun sasaran dalam pelatihan ini adalah terwujudnya proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang effisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan tidak diskriminatif serta akuntabel yang didukung dengan ketersediaan sumber daya aparatur yang profesional dan memiliki kompetensi dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Di akhir sambutannya, Aries berpesan agar kiranya kesempatan pelatihan dan ujian setifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah level 1 yang diikuti oleh ASN dari Pemerintah Kabupaten Jember ini, dimanfaatkan dan diikuti setiap proses pembelajaran baik teori maupun praktek dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi sasaran dari pelatihan ini dapat terwujud dengan baik.