Berita BPSDM

Mengangkat Tema “RISK BASED THINKING” Corpu SDGs BPSDM Jatim gelar ASN Belajar


SURABAYA - Tak jarang kita dihadapkan dengan kondisi yang tidak diinginkan dan cenderung merugikan. Misalnya saat terjadi suatu bencana. Lalu bagaimana langkah seorang ASN dalam mengatasi keadaan tersebut?

Sebagai upaya mensukseskan SDGs poin ke-enam belas mengenai Kelembagaan yang Tagguh, ASN Belajar seri 13 hadir dengan mengangkat tema “Mewujudkan ASN Tangguh Bencana Melalui Risk Based Thinking”. Dibuka dengan Keynote Speech oleh Guru Besar Kebencanaan Universitas Pertahanan Republik Indonesia. "Indonesia memiliki visi untuk menjadi Negara yang Tangguh" ucap Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si. Maka dari itu sudah menjadi tugas kita semua untuk menggapai visi tersebut melalui Pemikiran Berbasis Risiko. Kamis (13/4).

Peran ASN pada Penanggulangan Bencana tertulis pada UU 5/2014 ASN berkaitan pada poin Kesejahteraan dan Kualitas Pelayanan Publik. Pada sesi pertama disampaikan materi oleh Direktur Mitigasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diawali dengan data bencana terkini di Indonesia dan penjelasan mengenai sebab akibat dari beberapa bencana yang rentan terjadi. "Bahkan kita harus berpikir setiap detail penempatan barang pada tiap ruang, ini menjadi salah satu praktik Manajemen Risiko" pesan Berton Suar Pelita Panjaitan, S.K.M., M.H.M., Ph.D. untuk implementasi Risk Based Thinking. 

"Manajemen bencana merupakan pendekatan yang komprehensif, jenis bencana banyak dan memiliki karakterisktik yang berbeda. Jika terjadi di tempat yang berbeda pun akan menjadi berbeda" ucap Koordinator Program Studi S2 Manajemen Bencana Universitas Airlangga, Dr. Arief Hargono, drg., M.Kes. Ditambahkan beberapa poin karakteristik manajemen bencana yang masih salah, dan perlu dibenahi kembali. Disampaikan pula kerangka pikir pengelolaan resiko bencana, diantaranya adalah dengan menganalisis, mengomunikasikan, menambah penilaian risiko, mengevaluasi, dan menilai kebutuhan intervensi.

ASN Belajar seri 13 berhasil menjangkau 8.525 Sobat ASN dari berbagai penjuri Indonesia dengan adanya keynote speaker dan narasumber yang luar biasa, serta hadiah eksklusif untuk Sobat ASN yang aktif dalam rangkaian webinar.

Sampai jumpa di ASN Belajar seri 14 yang akan diselenggarakan pada Selasa, 18 April 2023.

Kemasan ASN Belajar seri 13 berkolaborasi dengan We Pro Communication, serta akses sertifikat tidak berbayar yang didukung oleh Indev.