Berita BPSDM

Gelar Seri 16 ASN Belajar, CorpU SDGs BPSDM Jatim Ajak ASN seluruh Indonesia Perkuat Kecerdasan Spiritual Dalam Berkinerja


SURABAYA - Dibuka dengan keynote speech yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Beliau menjelaskan bahwa visi misi Provinsi Jawa Timur dan Nawa Bhakti Satya sebagai dasar dari titik awal memaksimalkan kecerdasan spiritual pada seluruh ASN dalam mengemban tugas. "Ada satu hal yang penting untuk dilakukan. Jika kita hidup bersama, kita harus saling melengkapi dan berkembang bersama. Bukan saling mengomentari kekurangan partner sendiri" pesan Dr. Himawan Estu Bagijo, S.H., M.H.

Materi pertama disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mudhofir, M.Ag. mengenai Urgensi Spiritual Quotien dalam Peningkatan Kinerja. Sobat ASN diajak untuk menganalisa bersama tentang berbagai macam kecerdasan yang ada. Manusia memiliki tiga kecerdasan, diantaranya adalah intelektual, spiritual, dan emosional. Ketiganya ini memiliki peran dan porsi masing-masing, tugas kita adalah memaksimalkan fungsinya. Kecerdasan Spiritual memiliki beberapa indikator, yakni tanggung jawab, rendah hati, dan kebahagiaan. "Kalo kita berpikir positif, hal positif tersebut pasti akan terjadi di waktu yang telah ditentukan," tutupnya.

"Setelah kita mempelajari tentang kecerdasan spiritual, level selanjutnya adalah bagaimanakah aktifasinya?" buka Mas Zein Abidin pada sesi pemaparan materi. Banyak sekali mindset sederhana yang sangat berhubungan dengan pengasahan kecerdasan spiritual, semua yang kita lakukan berawal dari pikiran kita sendiri. "Ingatlah bukan tidak bisa, tapi belum ditunjukkan jalannya" pesan mindset trainer tersebut. Sobat ASN juga diajak untuk mempraktikkan cara sederhana untuk melatih mindset pada diri masing-masing. Pemaparan ditutup dengan tip untuk selalu memiliki visi yang bagus, berani introspeksi diri, dan kuatkan pikiran juga ibadah. Kamis (11/5).

ASN Belajar seri 16 berhasil menjangkau 7.042 peserta ASN yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak ketinggalan pula pada seri ini diberikan hadiah eksklusif berupa jam meja, powerbank, tas laptop, dan t-shirt dengan logo CorpU SDGs dan ASN Belajar.

Sampai Jumpa di seri berikutnya yang akan diselenggarakan pada Rabu, 17 Mei 2023.