Berita BPSDM

Mengusung Tema “THE POWER OF BRAIN” Corpu SDGs BPSDM Jatim gelar ASN Belajar seri 15


SURABAYA - Sudah menjadi tanggung jawab seorang ASN untuk selalu produktif dan terus melakukan improvement. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam hal ini adalah penerapan pola pikir yang terus berkembang. Dengan Growth Mindset, akan memaksimalkan potensi yang sudah dimiliki dengan baik dan efektif, begitu pula dalam melakukan pelayanan yang prima. Maka dari itu Corpu SDGs BPSDM Provinsi Jawa Timur ciptakan webinar edukatif ASN Belajar seri 15 dengan tema "THE POWER OF BRAIN: Membangun Growth Mindset untuk Kinerja Produktif". Kamis (4/5).

Materi Being Excellent ASN by Optimizing Your Personality disampaikan oleh Rian Priyo Hardi pada seri kali ini. Faktanya adalah kondisi hati seorang pekerja sangatlah berpengaruh pada tingkat produktifitas. "Energi akan mengalir, mengikuti kemana Fokus anda arahkan" kutipan yang diambil dari Tony Robbins sebagai pesan untuk sobat ASN dari Founder Amazing Plus Indonesia tersebut. Growth Mindset diawali dengan pembagian tugas dalam berpola pikir dengan memaksimalkan kinerja otak kita. Otak kiri dan kanan memiliki porsinya masing-masing yang harus difungsikan secara seimbang. Dari ditanamnya pola pikir berkembang, juga haru diimbangi dengan komunikasi yang efektif. "Yang menarik adalah komunikasi internal sangatlah berpengaruh dengan interaksi eksternal" tambahnya. Tips mempersiapkan masa depan adalah harus berhati-hati dengan pikiran. "Harus saling berkesinambungan antara waktu, penghasilan, dan energi" tutupnya.

Berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Timur. Dibuka dengan kisah inspiratif mengenai pentingnya menanam pola pikir yang berkembang untuk melangsungkan kehidupan. "Memberikan ide untuk atasan dan instansi itu sudah menjadi kewajiban seorang ASN" pesan Dr. Andriyanto. ASN dapat dikatakan sebagai future leader, tidak harus memiliki kemampuan yang luar biasa namun harus terus melakukan perkembangan dengan pola pikir yang tepat. Sinergi dibutuhkan untuk mewujudkan inovasi, meliputi kerjasama, koordinasi, kompetisi, kolaborasi, dan potensi. Pemaparan ditutup dengan kisah antara Isaac Newton dan anjingnya. Dari kisah yg disampaikan dapat diambil pesan bahwa manusia memiliki akal dan pikiran. Isaac Newton menggunakan pikirannya untuk berpikir kejadian di lingkungan sekitarnya. Maka kita sebagai ASN pun juga harus peka dan memikirkan hal yang ada di sekitar kita.

ASN Belajar seri 15 berhasil menjangkau 7.353 peserta dari berbagai asal daerah di Indonesia. Tidak ketinggalan pula pada seri ini diberikan gift eksklusif berupa tas laptop, jam meja, powerbank, dan t-shirt dengan logo Corpu SDGs dan ASN Belajar.

Webinar ASN Belajar dipersembahkan oleh Corpu SDGs BPSDM Provinsi Jawa Timur. Sampai Jumpa di seri berikutnya!