Artikel BPSDM

PNS Harus Mahir Berkomunikasi - ZAENAL MUTAKIN, S.Sos., M.Si


Komunikasi adalah kunci keberhasilan berinteraksi dalam kehidupan dunia kerja. Bila komunikasi berjalan efektif, maka arus informasi  dalam dinamika kerja pun akan berjalan lancar sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian suatu pekerjaan. Sebaliknya bila komunikasi terhambat, arus informasi pun tersendat, akibatnya  akan membuat suatu pekerjaan terlambat penyelesainnya.
Dalam konteks dunia kerja, arus komunikasi antara atasan, bawahan, dan sesama rekan sekerja (peer) bahkan dengan pihak lain yang terkait dalam kegiatan suatu pekerjaan akan sangat berdampak pada kinerja semua unsur yang ada di lingkungan dunia kerja tersebut.  Oleh karena itu, siapa pun yang memasuki dunia kerja harus menyadari dan memahami pentingnya efektivitas komunikasi dalam menjalin hubungan yang sehat di lingkungan tempatnya bekerja termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). 


Berikut Link Artikel SelengkapnyaPNS Harus Mahir Berkomunikasi - ZAENAL MUTAKIN, S.Sos., M.Si (Widyaiswara Muda Badan Diklat Provinsi Jawa Timur)