Berita BPSDM

BPSDM Provinsi Jawa Timur menerima sertifikat dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI sebagai Lembaga Penyelenggara Terakreditasi dengan kategori Bintang 1


"Alhamdulillah atas capaian ini dan semoga semakin menjadi motivasi kami," ujar Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai di Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Sertifikat diserahkan oleh Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M.Si yang diterima oleh Aris Agung Paewai di Hotel Ayana Jakarta pada Selasa (14/9).

Ia mengaku bangga terhadap pengakuan melalui sertifikat terakreditasi dari LAN RI yang masa berlakunya selama lima tahun.

Bahkan, dari seluruh lembaga pelatihan Pemerintah Daerah yang diakreditasi, hanya Jawa Timur yang paling lengkap.

Pertama adalah akreditasi terhadap kelembagaan pelatihannya yang mendapatkan akreditasi  dengan Bintang 1, kemudian mendapatkan akreditasi A untuk empat program pelatihan sekaligus.

Masing-masing Pelatihan Dasar CPNS, Pelatihan kepemimpinan Pengawas, Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pelatihan kepemimpinan Nasional II.

"Keempat program ini yang diborong oleh BPSDM Jatim dan mendapatan akreditasi A langsung dari LAN RI setelah melalui proses uji akreditasi pada Mei sampai Juni tahun 2021," katanya.

Menurut Aries, menjadi kebanggaan tersendiri mendapatkan akreditasi tingkat nasional sehingga BPSDM Jatim dapat menjadi kiblat pelaksanaan pelatihan.

"Tentunya selain tingkat wilayah Jawa Timur dan juga Nasional, karena terpercaya menyelenggarakan pelatihan tingkat Nasional di BPSDM Jatim," tukasnya.

Akreditasi yang diraih berlaku 5 tahun, yaitu dari 2021 hingga 2026, yang setelah itu akan kembali dilakukan akreditasi pada tahun 2026 nanti.

"Proses ini tentu tidak mudah, karena mulai tahapan di setiap tahunnya dilakukan monitoring dan evaluasi secara langsung oleh LAN RI dalam penyelenggaraaan pelatihan yang dilaksanakan di BPSDM Jatim," katanya.