Berita BPSDM

DiLA 2024 jadi Role Model Penanganan Bencana


Kota Batu - Pelatihan Disaster Leadership Academy (DiLA) 2024 digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, di Coban Rais Kota Batu 26-27 Januari 2024. Kegiatan ini memiliki arti penting untuk kepemimpinan dalam mengantisipasi bencana dan juga mitigasi bencana.

DiLA ini diikuti oleh jajaran pejabat tinggi madya dan pratama seperti Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Kepala Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sementara untuk narasumber yang didatangkan antara lain Profesor Sosiologi Kebencanaan Universitas Pertahanan, M. Syamsul Ma’arif, Widyaiswara BPSDM Jatim.

Menurut Kepala BPSDM Provinsi Jatim, Ramliyanto, Kota Batu sengaja dipilih sebagai lokasi DiLA lantaran kondisinya sangat sesuai. Dimana kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan teknis, namun juga upaya untuk mengimplementasikan kesadaran kolektif. Ramliyanto menekankan bahwa urusan bencana bukan hanya tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja, melainkan tanggung jawab bersama.

Sementara dalam kesempatan ini Gubernur Jawa Timur yang sekaligus menutup kegiatan DiLA, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa dalam kegiatan yang melibatkan pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bertujuan untuk kolaborasi dan bersinergi karena penanganan bencana tidak bisa dilakukan secara sendirian dan harus dilakukan secara bersama-sama.

“Kita butuh bergandengan tangan dengan semua institusi, maka awareness dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menjadi bagian penting, seperti simulasi dan praktek. Membangun awareness seluruh institusi,” katanya.

Kegiatan yang didukung oleh UNICEF dan beberapa instansi terkait ini, merupakan bagian dari persiapan dalam menghadapi potensi bencana di wilayah Jawa Timur, seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi dan cuaca ekstrem.