Berita BPSDM

Penutupan PKN Angkatan II dan Pengukuhan Pengurus IKA PIMNAS Jatim Tahun 2021


Surabaya - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BPSDM ) Jawa Timur hari ini meluluskan 60 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN). Program nasional dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan aparatur negara tersebut merupakan program kerja dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang dilaksanakan di Jawa Timur.

Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI Dr. Basseng, M.Ed dari LAN RI menyampaikan lulusan program PKN ini menjadi aset nasional dalam upaya inovasi dan perubahan dalam program layanan kepada masyarakat. "Mereka yang telah lulus harus bisa menerapkan ilmunya. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini, dimana semua serba terbatas,” kata Basseng.

Sementara itu Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai menambahkan bahwa PKN angkatan ke II yang diikuti oleh 60 peserta berjalan maksimal. Dalam kurun waktu 4 bulan, peserta bisa optimal mengikuti pelatihan dan menghasilkan berbagai program inovatif untuk pengembangan institusinya.

” Alhamdulilah selama pelatihan banyak peserta yang berhasil menyelesaikan programnya. Dan program tersebut akan diterapkan dilembaganya agar makin kompetitif ditengah kondisi pandemi covid 19 ” ujar Aries Agung Paewai.

Program Pelatihan Kepeminpinan Nasional angkatan ke II diikuti oleh perwakilan dari beberapa Provinsi, Kabupaten / Kota, Bawaslu dan Kejagung RI. Dan salah satu peserta dari Kejagung RI dinyatakan lulus terbaik berkat inovasi dibidang penanganan dan penyitaan barang bukti hasil tindak pidana khusus.

Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai, S.STP, M.M, mengatakan IKA PIMNAS merupakan bagian dari kinerja pemerintah, melalui LAN agar lulusan alumni PKN bisa menjadi satu kesatuan bersinergi di dalam membangun negara, membuat program-program kelulusan. Rabu (16/6/2021)

“Bagaimana mereka bersinergi membangun negeri ini dengan proyek perubahan, dengan yang sudah mereka lakukan. Dengan adanya Ika ini mereka menjadi satu kesatuan nanti di seluruh Indonesia mereka akan membuat program yang sama. Pioner yang pertama dilakukan di Jawa Timur dan mudah menjadi contoh untuk provinsi lainnya,” pungkasnya.

Di sela-sela kegiatan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk II Angkatan II Pemprov Jatim tahun 2021 juga dilakukan pengukuhan pengurus ikatan keluarga Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (IKA PIMNAS) periode 2021-2024 oleh Sekretaris Ikapimnas Prof. Dr. Winarni Monoarfa menyampaikan apresiasi atas terbentuknya IKA PIMNAS Jatim. Pihaknya berharap, forum alumni ini akan menjadi simpul yang kuat antara LAN dengan para alumni. Terpilihnya Kepala BKD Jatim sebagai Ketua IKA PIMNAS ini merupakan keputusan yang tepat. “Selamat dan sukses kepada ketua dan pengurus Ikapimnas Jatim. Segera susun program kerjanya dan melaksanakan tugas-tugas pengurus dengan baik,” ungkap Winarni

Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI, Dr. Basseng M.Ed mengatakan, membentuk pengurus IKA PIMNAS agar bisa bersinergi antar alumni PKN. “Harapan kita nanti di 34 provinsi yang kita miliki ada pengurus IKA PIMNAS, alumni-alumni yang jumlahnya puluhan ribu tersebut, dapat kita satukan, dapat kita sinergikan untuk membantu pemerintah di dalam program-program pembangunan,” katanya.