Berita BPSDM

Widyaiswara BPSDM Jatim Lakukan Orasi Ilmiah di LAN RI


Jakarta, 4 Nopember 2021 - Satu lagi capaian kinerja fungsional BPSDM Jatim semakin berkualitas dan Profesional, salah satu widyaiswara BPSDM Jatim menyampaikan orasi ilmiah dihadapan 4 majelis orasi ilmiah yang dipimpin Dr Muhamad Taufiq Deputi Pengembangan Kompetensi ASN LAN dengan  anggota majelis orasi Aries Agung Paewai Kepala BPSDM Jawa Timur Dr. Muhammad Hanif dari APWI Pusat dan Drs. Aris Windiyanto, M.Si di Kantor Lembaga Administrasi Negara RI Jakarta.

Dewa Ketut Alit, SH,MSi menyampaikan orasi ilmiah tentang Peran Jatim Corporate University dalam Peningkatan Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa. Orasi ilmiah ini merupakan penyajian atas karya tulis hasil penelitian di beberapa desa di Kabupaten Malang, “Penelitian tentang kompetensi dan kinerja Pemerintah Desa saya geluti sejak tahun 2019 dengan bimbingan reviewer dari BPSDM Jatim dan LAN, akhirnya jerih payah selama 3 tahun lebih bisa mengantar ke jenjang widyaiswara ahli utama” ujar Blie Dewa usai orasi. Pasca orasi ilmiah widyaiswara ini, sekaligus menambah kekuatan 52 widyaiswara BPSDM jatim yang memilki spesialisasi tentang Good Governance Tingkat Desa yang turut menunjang bahkan sangat dibutuhkan dalam pelatihan kepemerintahan desa.
Aries Agung Paewai selaku salah satu majelis orasi ilmiah menyampaikan bahwasannya Implementasi Jatim Corporate University membutuhkan ragam expert bidang keahlian yang bersifat pratis dibutuhkan masyarakat ASN. “Dengan bertambahnya widyaiswara utama yang baru menyelesaikan orasi ilmiah akan semakin memperkuat pengetahuan untuk berkolaborasi dengan ekspert lainnya” pesan Aries Agung Paewai.

Pelaksanaan orasi ilmiah merupakan prasyarat untuk menduduki atau dikukuhkan dalam jabatan widyaiswara ahli utama disamping naskah KTI tersebut harus terpublikasi dalam jurnal nasional/internasional yang terindex. kedepan kita berharap bahwa semakin banyak Widyaiswara Provinsi Jawa Timur yang naik kelas agar dapat memberikan ilmu dan wawasannya dalam rangka mempercepat terwujudnya ASN yg berkualitas menuju word class goverment. ujar Aries kepala BPSDM Jatim.
pada kesempatan orasi ilmiah  tersebut juga ada beberapa catatan yang diberikan oleh ketua majelis orasi Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN dan para Anggota Majelis Orasi Ilmiah yang tentunya beberapa catatan dan masukan sangat bermanfaat kedepan didalam menyiapkan pelatihan-pelatihan yang strategis bagi pengembangan Aparatur Pemerintah Desa yang diharapkan lebih sinergi didalam perencanaan dan pengelolaan pemerintah desa serta diharapkan BPSDM Jawa Timur dapat merencanakan membuat laboratorium Pengelolaan Pemerintahan Desa yang inovatif dan partisipatoris.*