Berita BPSDM

Tim BPSDM Jatim Benchmarking Kepemimpinan Pamong ke Pusat Pengembangan SDM Kemendagri di Jogja


Yogyakarta, 6 Nopember 2021 - Salah satu pengembangan kompetensi ASN adalah kepemimpinan kepemerintahan (kepemimpinan pamong). Lembaga yang memiliki konsen dan unggulan dalam kepemimpinan pamong adalah Pusat Pengembangan SDM Kemendagri Regional Jogjakarta.  Kompetensi kepemimpinan pamong merupakan core value yang mendasari kompetensi manajerial, teknis, fungsional dan sosial kultural.  Untuk mendalami kompetensi kepamongan , BPSDM Jatim Bechmarking tentang Kepemimpinan Kepamongan. “Reputasi BPSDM Jatim sudah sangat progresif dan kami merasa bangga bisa dikunjungi untuk mendiskusikan   Kurikukum kepemimpinan pamong, baik dalam lingkup eksekutif maupun legislatif, sesuai isue aktual. Bechmarking ini menjadikan lebih bermakna, apalagi Tim Kemendagri sedang memperbaraui modul” Ujar Ir R Agus Irawan MP Kepala Pusat SDM Kemendagri Regional .

Kepemimpinan Pamong memiliki akar filosofi yang kuat bahwasannya tugas ASN bukan sekedar menjalankan tugas pokok fungsi  (tupoksi) melainkan menuaikan panggilan hati untuk memberikan layanan dan mengerjakan tugas dengan sepenuh hati. 

Sementara itu, Aries Agung Paewai menegaskan “Kompetensi pamong bagi ASN merupakan pondasi dasar yang meski dibangun sangat kokoh sebagai dasar penyelenggaraan pemerintahan” tandas Kepala BPSDM yang juga koordinator Jatim Corporate University.(*)