Berita BPSDM

Perkuat Corporate University BPSDM Jatim Menggandeng BPSDM Maluku, Gubernur Khofifah ajak Gubernur Maluku kembangkan Potensi ASN dengan CorpU.


Kota Ambon, 2 Desember 2021 - Bulan Nopember 2021 menjadi waktu yang istemewa dengan terbitnya Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 59 Tahun 2021 tentang Sistem Pembelajaran Terintegrasi (Corporate University) dalam Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di  Jawa Timur. Dalam pergub tersebut mengamanatkan tentang Sistem Pembelajaran  dan Model Pengembangan Kompetensinya yang saling “nyekrup” antara OPD dalam pelaksanaan pengembangan Kompetensi dengan koordinator pelaksana BPSDM Jawa Timur. Melakukan  sinergitas antar OPD maka visi misi pemerintah propinsi Jawa Timur akan semakin terukur dalam pencapaian setiap programnya yang selaras dengan kompetensi ASN pada masing-masing OPD.
Untuk mendukung implementasi Corpu di Jawa Timur juga diperlukan dengan mitra ekternal yg strategis, diantaranya dengan melakukan kerjasama BPSDM Jatim dengan BPSDM Maluku. “Secara spesifik kerjasama dalam pengembangan kompetensi pemerintahan dan kompetensi sosial kultural yang masing-masing propinsi memiliki kesamaan dalam mengelola keragaman sosial dan kultural masyarakatnya” Ujar Aries Agung Kepala BPSDM Jatim.
Kolaborasi antara kedua BPSDM akan dilaksanakan mulai awal 2022 melalui kolaborasi penyusunan modul digital, video microlearning dan kolabarasi dalam penyusunan kajian untuk karya ilmiah” tambah Aries. Pelaksanaan sinergitas pengembangan Corpu ini dilaksanakan bersamaan dengan Pelaksanaan kunjungan misi dagang dan investasi antara gubernur jawa timur dengan gubernur Maluku yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Desember 2021 di hotel nestapa Ambon. pada kesempatan misi dagang tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Maluku yang dilakukan langsung oleh Gubernur Khofifah dan Gubernur Maluku.  moment kegiatan misi dagang ini dimanfaatkan oleh Gubernur Jawa Timur untuk memperkenalkan program Jatim Corporate University yang dilaksanakan di BPSDM Jatim. agar Pengembangan Kompetensi ASN di Jatim dapat dicontoh atau diadopsi oleh BPSDM Maluku yang sementara ini sedang berproses melaksanakan Corporate University. 
BPSDM Jatim ygng dihadiri langsung oleh Kepala BPSDM Jatim dan juga kepala BPSDM Maluku Bapak Drs. Hadi, M.Si  pada hari kedua dilaksanakan kegiatan sosialisasi di Kantor BPSDM  Maluku yang langsung disampaikan oleh Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai yang pada kesempatan tersebut didampingi Hary Wahyudi Widyaiswara Ahli Utama, kepala Bidang PPK Sri Rahayu dan staf PPK BPSDM Provinsi Jawa Timur. 
kami berharap bahwa kerjasama yang dilakukan kedepan mendapatkan manfaat kedua bela pihak dalam pengembangan kompetensi ASN di masing-masing wilayah. *