Berita BPSDM

Perkuat Jatim Corpu, BPSDM Jatim dan Rumah Perubahan bahas Konsep Modul Pembelajaran bagi ASN Jatim


Jakarta, 10 Desember 2021 -  BPSDM Jatim terus  menyiapkan diri menuju  Jatim Corporate University yang akan dilaksanakan secara penuh di tahun 2022 dengan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder salah satunya Rumah Perubahan milik Prof. Rhenald Kasali yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi bersama dengan Tim Rumah Perubahan. Diskusi bersama tersebut  dipimpin langsung Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai  dikompleks Rumah Perubahan Rhenald Kasali di Bekasi (10 desember 2021). 
Diskusi antara BPSDM Jatim dan Rumah perubahan diikuti oleh Tim Rumah Perubahan yang dipimpin Mba Ria bersama jajaran rumah perubahan sedangkan dari BPSDM Jatim didampingi para perwakilan widyaiswara yaitu Heru Toto dan Muhammad Taufik sedangkan dari jajaran pejabat struktural Plt. Sekretaris BPSDM Jatim dan beberapa staf. diskusi berlangsung sangat intens terutama beberapa hal yang disampaikan oleh kepala BPSDM Jatim Aries, mengawali dari pembukaan diskusi dimana disampaikan maksud dan tujuan BPSDM Jatim berkunjung secara langsung ke rumah perubahan rhenald kasali merupakan tindaklanjut dari Penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Rumah Perubahan yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Khofifah dan Profesor Rhenald Kasali diakhir bulan desember tahun 2020 dan ditindaklanjuti perjanjian kerjasama antara BPSDM Jatim dengan rumah perubahan dalam rangka pengembangan Kompetensi ASN menuju ASN yang CETTAR, Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif. dengan Diskusi yang dilaksanakan bersama rumah perubahan berharap kedepan ditahun 2022 ada kolaborasi yang dilakukan antara kedua belah pihak antara BPSDM Jatim dengan rumah perubahan terutama dibidang pengembangan Kompetensi ASN Jawa Timur.
BPSDM Jatim terus melakukan peningkatan berbagai program pengembangan pelatihan yang akan diikuti oleh ASN Jawa Timur dimana nantinya diharapkan bahwa pola-pola pembejalaran terintegrasi melalui Jatim Corporate University dapat terlaksana di tahun 2022 dimana peran Perangkat daerah bersama Pejabat Tinggi Pratama dapat memposisikan diri untuk membantu para ASN Jawa Timur dapat bekerja lebih agile dan juga kreatif dan inovatif didalam menjalankan tugas-tugasnya terutama menjalankan  visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, ujar Aries.

Diskusi juga disampaikan oleh aries agung bagaimana harapan yang diinginkan oleh Gubernur Khofifah agar rumah perubahan dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kompetensi ASN mengarah kepada ASN yang profesional dan unggul dalam menjalankan tugas-tugasnya. masih banyak pekerjaan rumah dari BPSDM Jatim yang harus menyiapkan program-program pelatihan yang lebih smart dan menarik untuk diikuti para ASN di Jawa Timur utamanya bagaimana ASN kita dapat mengakses berbagai program pengembangan kompetensi dari produk-produk pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif melalui pembelajaran digital, maka BPSDM Jatim sangat berharap bahwa rumah perubahan lebih banyak memberikan kontribusinya untuk pengembangan Kompetensi ASN Jatim melalui berbagai konsep-konsep metode pembelajaran yang kreatif dan lebih menarik serta juga diminati oleh para ASN Jawa Timur kedepan, termasuk bagaimana menyiapkan strategi pelatihan yang memudahkan para ASN kita untuk lebih memahami pentingnya pengembangan kompetensi kedepan dimana era Triple Distruption yang disampaikan Rhenald Kasali dapat dipahami oleh para ASN Kedepan. 
pada kesempatan diskusi Tim rumah perubahan yang diwakili oleh mbak Ria sangat mendukung apa yang diinginkan oleh BPSDM Jatim kedepan dimana Perjanjian kerjasama yang telah dilakukan harus ditindaklanjuti bersama agar ada manfaat dari kerjasama yang dilakukan, banyak hal yang bisa dikembangkan bersama antara rumah perubahan dan BPSDM Jatim salah satunya menyiapkan beberapa materi atau modul pelatihan kepemimpinan dan juga pelatihan lainnya agar para ASN Jatim lebih bersemangat untuk mengikuti berbagai program pelatihan yang kedepan dilaksanakan oleh BPSDM Jatim, ujar ria. selain diskusi rencana kerjsama kedepan melalui berbagai program pelatihan yang disiapkan oleh rumah perubahan juga akan dilakukan kegiatan coaching klinik oleh rumah perubahan dengan para widyaiswara BPSDM Jatim agar kedepan para widyaiswara dapat segera melakukan tugas-tugasnya melakukan coaching bagi para ASN langsung diinstansi Dinas-Dinas dan Badan-Badan serta Biro yang ada di Pemerintah Provinsi Jawa Timur sesuai semangat dari Jatim Corporate University. 
Saat kunjungan kerja BPSDM Jatim ke rumah perubahan juga berkesempatan berkeliling diarea kompleks rumah perubahan yang dipandu oleh mas wahyu salah satu trainer di rumah perubahan dimana berkeliling melihat secara langsung beberapa obyek fasilitas rumah perubahan, diantaranya ruangan-ruangan pelatihan yang indoor maupun outdoor termasuk fasilitas penunjang lainnya. sangat bermanfaat bagi Tim BPSDM Jawa Timur yang berkunjung langsung ke Rumah Perubahan sebagai penambah referensi untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang dimiliki BPSDM Jatim yang dapat dikembangkan dan dibenahi di tahun 2022 untuk mendukung kegiatan program pelatihan di tahun 2022 yang dilaksanakan oleh BPSDM Jatim. *