Berita BPSDM

BPSDM Jatim Mewujudkan ASN BERSINAR


SURABAYA  - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim kembali melaksanakan “ASN Belajar” melalui Webinar seri 3 yang bertema “ASN BERSINAR” (Bersih Narkoba) berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Jatim dan  Komisi Nasional Pendidikan (KOMNASDIK) Provinsi Jatim yang dilakukan secara online dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan ASN. Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan yang mengancam dunia dan dapat digunakan sebagai salah satu senjata proxy war untuk melumpuhkan kekuatan bangsa. Menanggapi pernyataan Bapak Presiden Republik Indonesia pada Gerakan Nasional Penanganan Ancaman Narkoba untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai menyatakan “Pentingnya ASN belajar terkait bahaya dan penyebaran narkoba yang sudah masuk dalam dunia digital, maka dibutuhkan empati kita sebagai ASN terhadap bahaya narkoba dan cara mengantisipasi penyebaran di lingkungan kerja dengan saling mengingatkan narkoba tidak masuk dalam lingkungan kerja, sehingga BPSDM Jatim memiliki kontribusi yang nyata terhadap upaya mewujudkan ASN yang bersih dari narkoba, oleh karena itu kedepan kita berharap dapat melakukan peningkatan kualitas SDM yang terhindar dari narkoba dengan memberikan edukasi terbaik kepada masyarakat, diri kita dan lingkungan kita “  Surabaya, Kamis (20/1/2022).
Sampai saat ini telah ditemukan 71 jenis narkoba baru New Psychoactive Substances (NPS) yang akan diperkirakan akan semakin banyak jenis dan macamnya. Telah diketahui bahwa narkoba tidak hanya menyentuh masyarakat umum saja, tetapi sudah masuk dikalangan Pejabat, Aparat POLRI, TNI, ASN, JAKSA, dan Hakim. Apabila dilakukan perbandingan jumlah persentase penyalahgunaan narkoba yang dimana jumlah Pekerja yang menjadi korban narkoba sejumlah 50,34%, Pelajar 27,32% dan  pengangguran 22,34%. Dilihat dari presentase tersebut membuktikan bahwa sasaran utama dari korban narkoba bukanlah Pelajar tetapi Pekerja yang dimana itu termasuk Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI, Jaksa maupun Hakim. 
Melalui kegiatan Webinar ini merupakan upaya Mewujudkan ASN BERSINAR dengan melakukan pencegahan dini penyelahgunaan narkoba khususnya dikalangan ASN dan diharapkan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, mampu mebentuk moral dan motivasi agar dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, maupun kepada orang lain dengan konsekuensi ketika melakukan penyalahgunaan narkoba.