Berita BPSDM

ASN Belajar Seri-17, BPSDM Jatim Kupas Topik Kesehatan Mental


SURABAYA - Program unggulan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim berupa 'ASN Belajar'  kembali digelar untuk seri ke-17. Kendati telah memasuki suasana jelang libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, antusiasme peserta tak surut. Bahkan tak kurang dari  3 ribu peserta mengikuti kelas webinar tersebut dengan seksama.

Topik yang disajikan pun berbeda dari biasa, yaitu tentang 'Kesehatan Mental'. Menurut Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai, tema ini sedang trending dan menjadi kebutuhan serius masyarakat termasuk ASN. "Suasananya memang sedikit berbeda karena biasanya kita menyelenggarakan ASN Belajar setiap Kamis, karena sudah mendekati libur lebaran, maka seri kali ini kami majukan jadwalnya pada Rabu, 27 April 2022," ujar Aries di Surabaya.

Topik seputar kesehatan mental tersebut mengupas secara lengkap tentang keseimbangan hidup dan bekerja (Work-Life Balance). Hal tersebut diharapkan agar para ASN bisa menyeimbangkan antara kehidupan pekerjaan, kehidupan sosial, dan kehidupan pribadi atau me-time. "Hal ini menjadi penting agar para ASN dapat bekerja lebih produktif dan efektif," tambah Aries.

Webinar yang berhasil menyedot perhatian hampir 3.000 peserta ini menghadirkan narasumber psikolog Dr Diana Rahmasari, Ketua Satuan Mitigasi Crisis Center Unesa, Devy dan MC Professional sebagai talent ASN, dan Tomy MC Professional yang berperan sebagai talent PTT. "Sengaja kami kemas seri 17 ini dalam bentuk fragmen dengan metode pembelajaran roleplay, agar penyampaian materi dapat lebih santai, natural, dan memberikan impresi yang baik serta menarik bagi para peserta." ujar Aries.

Bukan hanya kemasan webinar yang inovatif, namun juga pada seri kali ini diluncurkan merchandise ekslusif ASN Belajar berupa T-Shirt, power bank, headset, dan cluth yang masing-masing dengan logo BPSDM Jatim dan ASN Belajar.

Dikonsep dengan kolaborasi bersama WePro Communication, program ini berhasil memberikan kesan yang mendalam bagi para peserta yang mengikuti melalui zoom dan Youtube BPSDM JATIM TV, ditambah dengan akses sertifikat tidak berbayar yang didukung oleh Indev untuk aplikasi pencetakan e-certificate. "Sobat ASN dimana pun berada, tidak akan pernah merasa rugi meluangkan waktu 2-3 jam di setiap hari Kamis untuk mengikuti webinar ini. Karena banyak tema menarik yang sangat relevan dan dibutuhkan di masa kini." tutup Aries.*