Berita BPSDM

Ratusan Siswa ikut Seleksi Paskibraka di BPSDM Jatim


SURABAYA - Ratusan siswa terbaik dari berbagai kabupaten/kota di Jatim bersaing untuk menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Seleksi yang dipusatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut dilakukan untuk memilih Paskibraka tingkat provinsi dan  Paskibraka tingkat nasional.

Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai menyampaikan terimakasihnya atas kepercayaan Pemprov Jatim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebagai pusat seleksi Paskibraka. "Selama tiga hari ke depan, para siswa peserta seleksi akan digembleng dengan berbagai materi untuk persiapan baik  pada saat Upacara Bendera 17 Agustus 2022 di Gedung Negara Grahadi maupun tingat nasional di Jakarta," tutur Aries Agung saat pembukaan Seleksi Paskibraka di Auditorium Sasana Bhakti Praja BPSDM Jatim, Selasa (10/5/2022).

Turut hadir dalam Seleksi Paskibraka tersebut antara lain Kepala Dispora Jatim Pulung Chausar dan Tim Koordinator Monitoring Paskibraka Sekretariat Militer Kepresidenan Koloner Marinjr Yasri Pulungan.

Lebih lanjut Aries menjelaskan, peserta seleksi Paskibraka merupakan peserta didik SMA/SMK perwakilan dari 38 kabupaten/kota se Jatim. Masing-masing daerah mengirimkan tiga delegasi sehingga total peserta seleksi sebanyak 114 peserta didik. Proses seleksi dilakukan selama tiga gelombang. Pada gelombang pertama, diikuti peaerta didik dari 12 daerah, gelombang kedua 13 daerah dan gelombang ketiga 13 daerah.

"Dari 114 ini akan kita pilih dua peserta (Putra-putri) terbaik untuk dikirim menjadi Paskibraka tingkat nasional dan 76 Paskibraka terbaik tingkat provinsi," jelas Aries. Adapun proses seleksi, lanjut Aries, dilakukan dengan tahapan seleksi administrasi, tes kesehatan jasmani kesehatan dan tes akademik.

Kepada para peserta seleksi, Aries Agung memberikan selamat atas capaian mereka sehingga sampai pada seleksi tingkat provinsi. BPSDM Jatim sendiri saat ini telah menjadi Jatim Corporate University yang merupakan kawah chandra dimuka tempat pengembangan kompetensi ASN.

"Para mentor di BPSDM Jatim akan berupaya membangkitkan semangat adik-adik calon Paskibraka untuk menjadi calon pamong praja masa depan. Karena BPSDM Jatim selama ini telah dijadikan tempat pelatihan bagi pemimpin pemerintahan," ujar Aries.

Sementara itu, Tim Koordinator Monitoring Paskibraka Sekretariat Militer Kepresidenan Kolonel Mar Yasri Pulungan menyampaikan rasa bangganya terhadap proses seleksi di Provinsi Jawa Timur. Sebab, setiap proses telah berlangsung sangat tertib, rapi dan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Termasuk proses seleksi yang ditempatkan dilembaga pendidikan ASN ini sangat repsentatif bagi para calon Paskbiraka. Proses seperti ini harus disampaikan ke provinsi lainnya," ujar Yasri.*