Berita BPSDM

Dukung Terwujudnya SDGs 2030, BPSDM Jatim ajak ASN Jadi Promotor Gerakan Hidup Berkelanjutan Dalam ASN Belajar Seri 19


SURABAYA – Lagi-lagi program unggulan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim yaitu 'ASN Belajar'  berhasil menarik lebih dari 3.000 peserta. Dengan bahasan edukatif yang mengangkat tema Sustainable Development Goals yang mengajak ASN untuk menerapkan Gaya Hidup Keberlanjutan. Para peserta webinar terlihat sangat antusias dalam mengikuti webinar ini.

“Tema ini sengaja diangkat sebagai bentuk dukungan BPSDM Provinsi Jawa Timur untuk turut mensukseskan tercapainya SDGs Indonesia tahun 2030. Dengan edukasi yang informatif maka ASN diharapkan memiliki mindset gaya hidup berkelanjutan,” ujar Aries Agung Paewai, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Ajakan untuk menerapkan Gerakan Gaya Hidup Keberlanjutan tersebut disambut baik oleh seluruh peserta webinar karena dinilai dapat memberikan informasi, edukasi, dan contoh aksi nyata penerapan gaya hidup keberlanjutan yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. “Ketika peserta telah memahami apa itu SDGs, kenapa SDGs ini menjadi satu-satunya solusi untuk perbaikan kehidupan dan manfaatnya yang sangat berpengaruh pada Pembangunan Berkelanjutan Indonesia, maka kita kemudian memberikan contoh-contoh praktis yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," Ucap Aries.

Aries juga menambahkan, “Dengan diberikannya contoh aplikatif gaya hidup keberlanjutan oleh Ketua SDGs Center Unair, Bapak Bayu Arie Fianto, SE., MBA., Ph.D dan tokoh inspiratif yaitu peraih Anugerah Piala Kalpataru Nasional, Bapak Dr. Ir. Koderi, M.Ling., IPU sebagai narasumber, diharapkan ASN menjadi paham betul bahwa ASN yang harus menjadi promotor dan teladan penerapan gaya hidup berkelanjutan ini.” 

Tidak hanya itu saja, kehadiran Raki Gloria sebagai Key Opinion Leader juga menambah ketertarikan para ASN untuk mulai mengubah gaya hidup mereka. “Raki Gloria sebagai Raki Jawa Timur 2020, yang telah menerapkan gaya hidup berkelanjutan juga bisa menjadi inspirasi dan influencer bagi para ASN kita, bahwa ternyata gaya hidup berkelanjutan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ASN,” kata Aries.

Webinar ASN Belajar Seri 19 ini juga menghadirkan merchandise ekslusif ASN Belajar berupa T-Shirt, power bank, headset, dan cluth yang masing-masing dengan logo BPSDM Jatim dan ASN Belajar yang menambah antusiasme dari para peserta untuk berpartisipasi aktif.

"Dengan kemasan talkshow, webinar yang berkolaborasi bersama WePro Communication ini berhasil memberikan kesan yang mendalam bagi para peserta yang mengikuti melalui zoom dan Youtube BPSDM JATIM TV, ditambah dengan akses sertifikat tidak berbayar yang didukung oleh Indev untuk aplikasi pencetakan e-certificate." tutup Aries.