Berita BPSDM

Gelar Uji Kompetensi Bendahara, Kepala BPSDM Jatim Berharap Wujudkan Peningkatan Kualitas Pengelola Keuangan Daerah


SURABAYA -  Peran ASN pengelola keuangan sangat vital dalam mendukung terlaksananya berbagai program pembangunan di daerah. Karena itu,  dibutuhkan SDM bendahara yang handal  dan diakui berdasarkan sertifikasi kompetensi.

Untuk mencapai hal itu, UPT Sertifikasi Kompetensi kelas A di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim menggelar Uji Kompetensi Bendahara di Lingkungan Pemprov Jatim Tahun 2022. Bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jatim, ujian kompetensi ini diikuti oleh 30 peserta dari OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai dalam sambutannya menyampaikan, sertifikasi kompetensi bendahara merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sekaligus meningkatkan kompetensi berkelanjutan.

"Upaya ini sangat penting karena bendahara menjadi ujung tombak dalam pengelolaan keuangan yang  tertib sesuai peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab," ujar Aries 


Lebih lanjut Aries menegaskan, sertifikasi bendahara merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Ditegaskannya, "Sertifikasi ini tidak hanya mendorong kualitas bendahara menjadi lebih baik, melainkan juga mendapat pengakuan secara sah. Sehingga ke depan juga dapat dijadikan sebagai penguat jenjang karir ASN," ujar dia.

Turut hadir dalam pembukaan Uji Kompetensi tersebut Ketua IAI Wilayah Jawa Timur Prof Basuki. Dalam sambutaannya, Basuki menegaskan, peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi dalam kegiatan ini akan di anggap telah kompeten dengan pengelolan keuangan negara. ”Ini salah satu langkah IAI dalam berkontribusi untuk membangun negeri,” ujar Basuki.

Sejak 2013, IAI melalui Ujian Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan (US-AAP) melakukan sertifikasi terhadap personel yang menyusun dan mereviu laporan keuangan pemerintah. Namun, karena Adanya perubahan SAP, tantangan implementasi, serta perubahan kebutuhan personel, maka US-AAP ini dimutakhirkan dan dikembangkan menjadi Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Associate (US-CGAA) dan Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Expert (US-CGAE), dengan 3 Jenis Sertifikasi yaitu  CGAA-Pusat (Associate), CGAA-Daerah (Associate), dan CGAE (Expert).

Uji kompetensi bendahara ini diselenggarakan mulai tanggal 7-10 November 2022  dengan sistem blended.  
Adapun tahapan yang dilalui dalam uji kompetensi antara lain review materi dengan narasumber dari IAI, ujian batch I dan ujian batch II.