Berita BPSDM

Hari Pahlawan BPSDM Jatim Mengangkat Tema “ZERO TO HERO” di Webinar ASN Belajar seri 44


SURABAYA - “Bertepatan dengan Hari Pahlawan, tentunya berkaitan dengan semangat ASN dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat dengan pelayanan, kita tidak akan berada disini saat ini kalau bukan perjuangan hidup mati para pahlawan kita” kata pembuka yang disampaikan Kepala BPSDM Jawa Timur, Aries Agung Paewai. Kamis(10/11).

Ini hari yang istimewa karena bertepatan di Hari Pahlawan Tanggal 10 November 2022 kita melaksanakan Webinar ASN Belajar seri 44. dimana seri ini tentunya ingin memberikan warna baru bagi ASN diseluruh Indonesia untuk mempunya semangat perjuangan para ASN kita untuk melakukan pengabdian yang terbaik bagi Pemerintah dan masyarakat tentunya melihat teladan yang telah diperjuangkan dan dikorbarkan semangat dari pahlawan kita yang tanpa lelah dan hidup nati mengorbankan jiwa raganya untuk mempertahankan Negara Republik Indonesia uang kita cintai ini. ujar aries. 
 
Dalam rangka upaya mensukseskan SDG’s ke-enam belas dengan salah satu tujuannya yaitu memperkuat lembaga nasional yang relevan dan kerjasama internasional, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur ciptakan webinar edukatif dengan tema “BE A SUPER WARRIOR ASN: From Zero to Hero”. dimana tema ini sangat relevan dengan tema hari Pahlawan yaitu Pahlawanku Teladanku. 

ASN Belajar seri 44 yang mengusung tema Kepahlawanan dari sisi ASN ini berhasil menjangkau 6.148 Sobat ASN dari berbagai daerah Indonesia dengan adanya keynotes speaker dan narasumber yang luar biasa, serta hadiah eksklusif berupa headphone, powerbank, clutch, dan t-shirt dengan logo BPSDM Jatim dan ASN Belajar. 

Pada sesi pertama disampaikan succes story oleh Peraih Anugerah ASN Awards 2021 dari Kementerian PAN dan RB Kategori “The Future Leader”, James Zulfan. Kisahnya dapat menggambarkan bahwa sesosok pahlawan adalah orang yang berani mengorbankan sesuatu dengan pengorbanan yang  tepat, kita akan mendapat hal yang lebih besar. Salah satu contohnya adalah pengorbanannya meninggalkan dunia kerja sebelumnya, untuk mengikuti tes ASN. Dari langkah tersebut dengan diiringi dengan inovasi dan prestasi, dapat mengantarkan James menjadi seorang perekayasa ahli madya Kementerian PUPR.  “Sekarang ketanggapan dan pelayanan dibutuhkan dengan kecepatan tinggi. Kita harus berlari untuk mengembangkan diri kita” tutupnya.

Untuk memaksimalkan potensi yang ada, kita harus memperhatikan beberapa poin, yakni terkait penentuan tujuan, memilih respon yang tepat,  pemetaan sumber daya, dan yang terakhir adalah fokus, komitmen, konsisten. Professional soft skill trainer, Rian Priyo Hardi juga menyampaikan harapannya terhadap Sobat ASN yang bergabung pada webinar dapat menjadi Super Warrior ASN sesungguhnya. “Pemikiran akan gagal adalah awal dari suatu kegagalan, tanamkan dalam diri bahwa sukses atau tidak adalah suatu hal untuk belajar” jawab Rian untuk pertanyaan yang disampaikan oleh salah satu Sobat ASN yang bergabung dari Kalimantan Barat.

Webinar ASN Belajar dapat diikuti melalui platform zoom dan live youtube BPSDM JATIM TV. Pada seri ini studio bertempat di Ruang Kelas E yang baru saja dimodifikasi menjadi lebih futuristik. Ruang ini dipersembahkan oleh Peserta PKP Angkatan 23. Banyak mural dan spot yang membuat suasana kelas ini semakin menarik.

Kemasan ASN Belajar seri 44 berkolaborasi dengan We Pro Communication, serta akses sertifikat tidak berbayar yang didukung oleh Indev.