Berita BPSDM

36 Calon Anggota Komisi Informasi Jalani Psikotes dan Dinamika Kelompok di BPSDM Jatim


SURABAYA - Dalam rangka melaksanakan tahapan lanjutan dari Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2023 – 2027, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Jatim bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim  menyelenggarakan kegiatan Psikotes dan Dinamika Kelompok sebagai tahap lanjutan, bertempat di Ruang Sasana Sasana Wiyata Praja BPSDM Jatim, Jl. Balongsari Tama Tandes, Surabaya,  Senin – Selasa,  5 – 6 Juni 2023.

Hadir pada acara: Sekretaris BPSDM Jatim, Zainal Muttaqin, Kepala DISKOMINFO Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, Direktur Utama Beritajatim.com, Ainur Rohim, Pejabat Struktural dan Fungsional dari BPSDM Jatim dan DISKOMINFO Jatim serta 36 Peserta Tes Calon Komisi Informasi (KI).

Acara di buka oleh Kepala DISKOMINFO Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin.

Sherlita sapaan akrabnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Jatim karena telah memfalitasi kegiatan ini.

menurut sherlita, saat ini, keberadaan Komisi Informasi (KI) adalah sangat penting, karena merupakan lembaga semacam juri, sehingga bagi siapa yang membutuhkan data dan siapa yang harus memenuhi data maupun informasi.

Dengan adanya adanya Komisi Informasi (KI) inilah kemudian hak-hak untuk mendapatkan informasi, hak-hak untuk mendapatkan data dan lain sebagainya bisa terpenuhi, tambah Sherlita.

Calon anggota Komisi Informasi yang terpilih nantinya adalah mereka yang memiliki Integritas Tinggi, Kompetensi, Pengalaman, Keterampilan berkomunikasi yang efektif serta Keahlian di Bidang Hukum dan Kebijakan Publik.

Diakhir paparannya Sherlita berharap ke depannya keberadaan Komisi Informasi (KI) lebih berdampak dirasakan oleh masyarakat dalam memberikan informasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Jatim yang diwakili oleh Sekretaris BPSDM Jatim, Zainal Muttaqin menyampaikan Kegitaan Psikotest ini merupakan bagian dari tahapan seleksi, yang bertujuan untuk mengukur potensi dan kualitas individu dalam berbagai aspek yang relevan dengan tugas-tugas di Komisi Informasi serta kemampuan dan kualitas para peserta dalam bidang pelayanan publik serta melihat sejauh mana mereka mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pada kesempatan tersebut, Zainal sapaan akrabnya menyampaikan 3 poin pesan kepada peserta tes yaitu, pertama agar bisa memaksimalkan kemampuan dan potensi terbaiknya dalam setiap tahap seleksi; kedua, agar selalu menjaga fokus dan konsentrasi selama mengikuti tes dan cermat dalam mengalokasikan waktu yang cukup untuk menjawab setiap pertanyaan; dan ketiga tetap bersemangat dan menjaga motivasi tetap tinggi.

Sehingga nantinya anggota Komisi Informasi yang terpilih akan memiliki peran strategis dan  penting dalam memastikan akses publik terhadap informasi yang transparan dan akuntabel. 

“Semoga proses seleksi berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan,” tambah Zainal

Kegiatan psikotest seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 5 – 6 Juni 2023 dengan Agenda hari pertama adalah Tes Tulis yang di tujukan untuk mengukur kemampuan dan potensi kandidat dalam berbagai aspek yang relevan dengan pekerjaan sebagai anggota Komisi Informasi, serta Tes Dinamika Kelompok yang di tujukan untuk menilai kemampuan interaksi sosial, kepemiminan,, Komunikasi dan Problem Solving.

Sedangkan pada hari ke Dua, kegiatan di fokuskan pada kegiatan Interview peserta yang secara langsung di interview oleh 6 orang Assesor yaitu Prof. Dr. V. Rudy Handoko, MS, Drs. Gitadi Tegas Supramudyo, M.Si , Dr. Ismojo Herdono, M.Med.Kom . Dr. Andik Matulessy, M.Psi., Psikolog , Dr. Dra. Hartanti, M.Si., Psikolog dan Dr. Dyan Evita Santi, S.Psi., M.Si., Psikolog.