Berita BPSDM

BPSDM Jatim dan BPSDM Bengkulu Sepakati Kerjasama Strategis dalam Pengelolaan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara


BENGKULU – BPSDM Jatim dan BPSDM Bengkulu tandatangani kerjasama strategis antara kedua lembaga. Kerjasama ini mencakup bidang peningkatan kompetensi ASN, pembentukan kurikulum, dan pelatihan aparatur sipil lainnya. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Misi Dagang Provinsi Jawa Timur di Provinsi Bengkulu. Senin (3/7).

Bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas serta kualitas sumber daya manusia dalam pemerintahan daerah, khususnya dalam hal pengembangan kompetensi non klasikal bagi ASN, melalui sinergi antara BPSDM Jatim dan BPSDM Bengkulu diharapkan dapat terwujud pelayanan publik yang lebih baik dan efektif.

Diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Pengajaran Kompetensi Dra. Sri Rahayuningsih, M.Si., tim dari BPSDM Jatim langsung bertandang ke BPSDM Bengkulu guna membahas poin poin realisasi kerjasama.

Beberapa poin utama dalam kerjasama ini antara lain, pengembangan inovasi bangkom non klasikal BPSDM Jawa Timur dan BPSDM Bengkulu akan bekerja sama dalam penerapan berbagai model bangkom non klasikal dalam sistem pembelajaran terintegrasi untuk pelatihan aparatur sipil. Kurikulum ini akan dirancang agar sesuai dengan kebutuhan daerah dan mengakomodasi perkembangan terkini dalam pemerintahan.

Poin berikutnya yaitu kerjasama dalam program pelatihan dimana kedua pihak akan saling mendukung dalam penyelenggaraan pelatihan dan program kediklatan. Pelatihan akan meliputi berbagai aspek, termasuk manajemen organisasi, kepemimpinan, pelayanan publik, dan peningkatan kapasitas teknis.

Selain itu melalui kerjasama ini, BPSDM Jawa Timur dan BPSDM Bengkulu akan menyelenggarakan kegiatan kolaboratif, seperti webinar dan sharing knowledge, guna mendorong pertukaran ide dan terobosan dalam pengembangan sumber daya manusia aparatur sipil.

Dalam penandatanganan kerjasama ini, perwakilan dari BPSDM Jawa Timur dan BPSDM Bengkulu menyatakan komitmen mereka untuk saling mendukung dan berkolaborasi secara aktif dalam mencapai tujuan bersama. Kedua pihak yakin bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat yang signifikan bagi kedua daerah dan aparaturnya.